Tugas Para Rasul Dan Fungsinya Bagi Kehidupan Kita

Rasul
Rasul
MbahPosting- Tugas pokok para rasul Allah ialah menyampaikan wahyu yang mereka terima dari Allah SWT kepada umatnya. Tugas ini sungguh berat, tidak jarang para rasul mendapat tantangan, penghinaan bahkan siksaan dari umat manusia. Karena tugas mereka yang begitu berat, maka Allah SWT memberikan keistimewaan yang luar biasa berupa mukjizat.

Mukjizat ialah suatu keadaan atau kejadian luar biasa yang dimiliki para nabi dan rasul atas izin Allah SWT untuk membuktikan kebenaran kenabian dan kerasullannya, dan sebagi senjata untuk menghadapi musuh-musuh yang menentang atau tidak mau menerima ajaran yang dibawa para nabi dan rasul.

Tugas-tugas Rasul Allah


1. Membawa Kebenaran.
Para rasul bertugas membawa kebenaran, berupa agama Allah SWT, untuk disampaikan kepada umatnya. Adapun umatnya diharapkan dapat mengikuti ajaran agama yang dibawa para rasul agar mendapatkan kebahagiaan didunia dan diakhirat.

2. Membawa Kabar Gembira.
Para rasul bertugas memberikan kabar gembira bagi siapa saja umatnya yang patuh dan taat perintah Allah SWT dan rasulnya bahwa mereka akan mendapatkan balasan surga, sebagai puncak kenikmatan yang luar biasa.

3. Pemberi Peringatan.
Disamping membawa kabar gembira, para rasul juga bertugas untuk memberi peringatan kepada umatnya yang membangkang, tidak mau beriman, menolak dakwahnya, ingkar, dan menentang Allah. Mereka memberi peringatan akan adanya siksa yang sangat pedih. Dengan peringatan itu, diharapkan mereka takut dan mau kembali kepada ajaran Allah. Dengan memperhatikan tugas rasul tadi, maka tugas kita adalah menaati setiap ajaran, perintah, dan larangannya.

Fungsi Beriman Kepada Rasul


1. Mendapat Rahmat.
Dengan beriman kepada rasul, kita akan mendapat rahmat Allah SWT. Karena tujuan Allah mengutus para rasul-Nya adalah untuk menyebarkan rahmat atau kasih sayang kepada manusia dan semesta alam.

2. Mendapat Figur Yang Dapat Dijadikan Suri Tauladan.
Tanpa adanya rasul, kita akan mengalami kesulitan untuk mendapat figur yang bisa dijadikan sebagai suri tauladan. Padahal suri tauladan itu sangat penting bagi kehidupan ini. Karena mereka telah memberikan pelajaran yang berharga kepada kita tentang cara beribadah, bermasyarakat, dan sebagainya.
Secara fitrah, manusia membutuhkan adanya zat yeng lebih tinggi darinya, yaitu Tuahan. Orang-orang pedalaman sekalipun yang belum pernah menerima dakwah agama, mereka tetap mengakui adanya kekuatan yang melampaui mereka, sesuai dengan akal mereka.
Dengan demikian, kehadiran rasul memberikan jalan bagi kita untuk menyembah Tuhan yang sebenarnya, Allah SWT, sehingga kita tidak tersesat dengan menyembah Tuhan yang lain.

3. Kita Dapat Membedakan Antara Yang Benar Dan Yang Salah.
Akal manusia sangatlah terbatas untuk menentukan mana yang benar dan mana yang salah, yang baik maupun yang buruk. Bagi sebagian orang, benar ada salah atau baik dan buruk bersifat relatif atau nisbi. Oleh karenanya kehadiran rasul sangat penting bagi kita, yaitu untuk memberi tahu dengan kepastian mana yang benar dan mana yang salah serta mana yang baik dan mana yang buruk.

4. Kita Mengetahui Kehidupan Sesudah Mati.
Tanpa kehadiran rasul, kita tidak akan mengetahui adanya kehidupan setelah mati. Karena hal itu adalah masalah metafisik atau gaib yang tidak dijangkau oleh akal.
Betapa besar peran rasul bagi kehidupan kita, sehingga Allah pun mengutus mereka untuk kita. Agar kita mempunyai sandaran ataupegangan yang kuat untuk menjalani hidup ini.

Itulah Artikel Mengenai Tugas para Rasul Dan Fungsinya Bagi Kehidupan Kita. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.
Sumber : Buku Pendidikan Agama Islam. Prestasi.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Berikutnya
« Sebelumnya
Berikutnya
Berikutnya »

Berkomentarlah Dengan Bijak :)